07 April 2017

Pelayanan KTP Elektronik Keliling Dukcapil Tuban di Desa Tlogoagung

Foto KTP Elektronik Di Balai Desa Tlogoagung
Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menuntaskan perekaman data KTP-el bagi seluruh penduduk di tahun 2017 adalah melalui inovasi layanan jemput bola. Layanan ini telah dirasa dampaknya bagi peningkatan realisasi perekaman data KTP-el di Kabupaten Tuban, Pasalnya, Dinas Dukcapil Kabupaten Tuban Keliling ke desa-desa untuk melakukan pelayanan dokumen kependudukan.

Inovasi seperti ini terus didorong oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri. “Memiliki identitas kependudukan merupakan kewajiban negara yang harus dipenuhi bagi setiap warga. Sebagai keluarga besar Dukcapil, Ditjen Dukcapil dan jajaran Dukcapil seluruh Indonesia bertanggung jawab untuk itu”, jelas Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh,  menanggapi inovasi layanan jemput bola Dinas Dukcapil Kabupaten Tuban, Kamis (23/02/2017). 

Layanan administrasi kependudukan yang selama ini harus didapatkan di kantor Dinas Dukcapil, sekarang bisa diakses secara mudah oleh warga. Bagi yang memerlukan dokumen kependudukan, cukup mengumpulkan berkas persayaratan lalu menunggu tim pelayanan yang akan mendatangi desa-desa. 

Inovasi inilah yang sedang digalakkan Dinas Dukcapil Kabupaten Tuban. Selama tahun 2017, tim pelayanan Dinas Dukcapil di bawah kepemimpinan Joni Martoyo, SH.M.Hum, keliling dari desa ke desa untuk menerbitkan dokumen kependudukan guna menjamin kepemilikan identitas kependudukan bagi setiap warganya. 
 Untuk mensukseskan program tersebut, Pak Joni  berharap agar masyarakat dapat berpartisipasi aktif untuk memanfaatkan momentum ini. “Yang belum memiliki KTP-el dan KK segera membuat”, ajaknya. 

Pelayanan jemput bola ini mendapat sambutan hangat dari warga, termasuk pemerintah desa Tlogoagung Kecamatan Bancar. Sebelumnya, untuk mengurus dokumen kependudukan, selain mendatangi kantor dinas Dukcapil yang lokasinya sangat jauh, warga biasa mengurus melalui perangkat desa. 

Tentu, ini membutuhkan waktu yang sangat lama karena aparatur desa tidak setiap hari mendatangi Dinas Dukcapil karena terkendala jarak dan transportasi

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum pak saya mau nanya saya bikin ktp kok susah ya pak tahun 2016 saya sudah foto di bancar sampai setahun kok gak jadi jadi ya pak nah habis lebaran saya mau bikin tolong dibantu ya pak saya sebagai warga indo masak gak punya ktp kan wajib ya kan pak ini nomer saya 087889325018 tolong di bantu ya pak makasih

Unknown mengatakan...

Saya dari ngetas pak telogo agung bancar tuban atas nama janang

Lydia Anastasia mengatakan...

Game online yang menghasilkan ayukk ini infonya .. F4n588371n9 :) BBM : 5EE80AFE :)