08 Februari 2013

Pelaksanaan PILKADES Serentak tahun 2013 Kabupaten Tuban

Ilustrasi Pilkades
Semarak Pelaksanaan Pilkades serentak  Pada Juli 2013 nanti, sebanyak 289 jabatan Kepala Desa di 20 kecamatan se-Kabupaten Tuban kosong. Hal itu terjadi karena masa jabatan mereka berakhir.
Agar tak terjadi kekosongan jabatan, Pemerintah Kabupaten memfasiltasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.
Mengenai Kades yang mencalonkan diri lagi ( incumbent ) yang sesuai Surat Edaran Mendagri nomor 140/3977/SJ Tertanggal Oktober 2012 tentang penjelasan Penjabat Kepala Desa, yaitu pengangkatan penjabat kepala desa sebagai penganti Kepala Desa yang habis masa jabatannya dapat berasal dari PNS di lingkungan Kecamatan, dan atau tokoh masyarakat desa Setempat. Sedangkan Kepala Desa yang Incumbent yang akan maju lagi dalam pilkades tidak dibolehkan menjadi penjabat (Pj) Kepala Desa. Sedangkan Kepala Desa Yang tidak mengikuti pemilihan dikarenakan ketentuan yang ada, atau pun sebab lain, dapat diangkat sebagai penjabat Kepala Desa.
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan KB Pemkab Tuban, Ahmad Amin Sutoyo mengatakan Pemkab telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 2,2 Miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2013 untuk pelaksanaan Pilkdes serentak ini.
Menurut Amin, dana ini akan diberikan kepada panitia Pilkades dengan perhitungan tiap hak pilih Rp 3 ribu. Sehingga besaran dana yang diterima desa, tergantung jumlah hak pilihnya. Jadi tiap desa tidak akan menerima jumlah dana yang sama.
“Proses Pilkadesnya diserahkan panitia desa. Pembiayaan akan dari desa, dan Pemkab memfasilitasi dana Rp. 3 ribu tiap pemilih,” katanya, Selasa (05/02/2013).Pilkades srentak di Kabupaten Tuban ini tahapanya akan dimulai Mei 2013. Dan untuk wilayah Kecamatan Bancar sudah ramai dukung mendukung bakal calon Kepala Desa. 

1 komentar:

Lydia Anastasia mengatakan...

Game online yang menghasilkan ayukk ini infonya .. F4n588371n9 :) BBM : 5EE80AFE :)