31 Oktober 2011

SOSIALISASI PENERAPAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (e-KTP) TINGKAT KABUPATEN

Bpk. Wakil Bupati H. Noor Nahar Hussein, M.Si
Indonesia dengan jumlah penduduknya yang besar memerlukan data kependudukan yang akurat, e-KTP menjadi salah satu solusinya. untuk mensukseskan program tersebut DINAS SOSNAKERDUKCAPIL Kabupaten Tuban  melaksanakan Sosialisasi Penerapan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) pada hari kamis 27 oktober 2011 bertempat di Ruang Rapat Lantai III Setda Kabupaten Tuban.
Acara ini selain dihadiri Wakil Bupati Tuban Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si, Ketua DPRD Kabupaten Tuban Kristiawan, SP, MM dan Anggota FORPIMDA juga dihadiri undangan yang berasal dari Kepala Dinas/Instansi/Badan/Kantor/Bagian, Muspika Se Kabupaten Tuban, Kepala UPTD SOSNAKERDUKCAPIL Se Kabupaten Tuban, Perwakilan Perguruan Tinggi dan Ketua PKK serta Dharma Wanita Persatuan Se Kabupaten Tuban.
Dalam Sambutannya Wakil Bupati menjelaskan bahwa Kabupaten Tuban termasuk 300 Kabupaten/Kota yang melaksanakan penerapan e-KTP pada tahun 2012, diharapkan dengan program ini dapat teratasi berbagai permasalahan yang ada selama ini seperti KTP Ganda, pemalsuan identitas serta masalah daftar pemilih PEMILU maupun PEMILUKADA
Dengan menggunakan metode Autentikasi dan Pengamanan data yang canggih menggunakan Chip didalamnya, e-KTP memberikan manfaat diantaranya
  1. Untuk mencegah dan menutup peluang adanya KTP Ganda dan KTP Palsu, sehingga memberikan rasa aman dan kepastian hukum bagi penduduk.
  2. Untuk mendukung terwujudnya database kependudukan yang akurat sehingga data pemilih dalam PEMILU dan PEMILUKADA lebih Akurat sehingga semua warga negara terjamin hak pilihnya.
  3. Dapat mendukung peningkatan keamanan negara sebagai dampak positif dari tertutupnya peluang KTP Ganda dan KTP Palsu  yang biasanya digunakan untuk tindak kriminalitas seperti Teroris, TKI Ilegal dan juga perdagangan manusia.
  4. e-KTP merupakan KTP Nasional yang berlaku secara nasional sehingga mempermudah penduduk untuk mendapatkan pelayanan dari Lembaga Pemerintah dan Swasta karena tidak memerlukan KTP setempat.
 
Dalam penutup sambutannya, Wakil Bupati menekankan beberapa hal diantaranya:
  • Agar ada Keseriusan pihak yang terkait untuk mensukseskan program e-KTP ini dan tidak main-main, sebab jika KTP Elektronik bagus dan berhasil maka kebijakan akan bagus pula.
  • Camat harus serius untuk mensosialisasikan dan menggerakkan masyarakat guna suksesnya program ini karena pelayanan nanti berada di kecamatan.
  • Camat harus peka untuk mendukung dan mensukseskan program ini.
  • Koordinasikan dengan pihak terkait apabila muncul permasalahan.

Tidak ada komentar: